.thumb img { float: left; margin: 0 10px 10px 0; }

Pages

Subscribe:

Blogroll

Blogger templates

Jumat, 04 Oktober 2013

PROFIL BUYA YAHYA PIMPINAN PONPES AL-BAHJAH

A. Asal Usul Nama Pondok Pesantren

Alasan dipilihnya Nama Al-Bahjah untuk pesantren dan majelis yang diasuh oleh Buya Yahya lebih banyak meninjau dari sisi makna yaitu makna cahaya atau kemilau sinar dengan harapan semoga pesantren ini bisa benar-benar menjadi penerang bagi umat Nabi Muhammad SAW.

B. Letak Pondok Pesantren

Pondok Pesantren Al-Bahjah terletak di Kelurahan Sendang No. 179 Blok. Gudang Air Kec. Sumber Kab. Cirebon Jawa Barat.

C. Sejarah Permulaan berdirinya pondok pesantren Al-Bahjah

Mendirikan sebuah pesantren adalah bukan tujuan utama dan pertama, akan tetapi tujuan pertama dan utama adalah bagaimana menyampaikan dakwah Rasulullah SAW. Diantara sarananya adalah dengan pesantren. Maka kehadiran Pesantren Al-Bahjah adalah sebagai bagian dari upaya menyampaikan dakwah Rasulullah SAW.
Semula kedatangan Buya Yahya ke Cirebon pada awal tahun 2006 karena menjalankan tugas dari Universitas Al-Ahgaff untuk membuat sekolah persiapan Universitas Al-Ahgaff di Indonesia. Sesuai evaluasi masalah efektivitas sekolah persiapan, program tersebut hanya berjalan selama 1 tahun yang akhirnya di kembalikan ke Yaman. Dan bersama itu pula Buya Yahya meminta izin kepada Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun untuk merintis dakwah di Cirebon dan atas do’a dan restu beliau dan guru-guru Buya Yahya yang lainya usaha dalam berdakwah sungguh sangat di mudahkan oleh Allah SWT.

Dan pada tahun kedua keberadaan Buya Yahya di Kota Cirebon sudah bisa membuka beberapa majelis ta’lim di beberapa masjid besar di Kota Cirebon dan sekitarnya. Usaha berdakwah selalu di kembangkan hingga akhirnya datanglah permintaan dari beberapa kaum muslimin untuk menitipkan anak-anak mereka di tempat Buya Yahya yang semula tidak langsung diterima karena kondisi tempat tinggal beliau yang masih menempati satu rumah pinjamam di Cirebon. Baru setelah Buya Yahya memiliki satu tempat tinggal yang lain lagi yaitu rumah kontrakan yang berdekatan dengan tempat tinggal Buya Yahya yaitu di daerah Karang Jalak Cirebon, maka saat itu Buya Yahya mulai menerima beberapa santri. Memang tidak semua santri yang datang langsung di terima. Akan tetapi di samping melihat daya tampung tempat tinggal, penerimaan santri pun dilaksanakan dengan beristikhoroh. Hingga pada tahun berikutnya dirasakan bahwa tempat tinggal semakin padat dengan santri, karena saat itu sudah terhitung disatu rumah yang tidak terlalu besar di tempati 12 santri putra kemudian di rumah yang satunya lagi di tempati 10 santri putri.
Hikmah dari itu semua yang menjadikan Buya Yahya dan sahabat-sahabatnya baik yang di Cirebon atau yang di luar Cirebon untuk berusah mencari tempat yang lebih leluasa sebagai pusat resmi Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah termasuk di dalamnya adalah Pondok Pesantren Al-Bahjah. Dan akhirnya jatuhlah pilihan pada satu tempat yang disebut dengan Kelurahan Sendang Kec. Sumber Kab. Cirebon. Sebuah lokasi Pesantren ditengah sawah yang jauh dari pemukiman masyarakat.Tepatnya di bulan Juni 2008 di mulai pembangun pesantren. Setelah kurang lebih satu setengah tahun tepatnya 10 Januari 2010 Pesantren resmi di tempati santri putra dan putri yang pada hari itu juga diresmikan oleh Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun dari Yaman.

D. Riwayat Pengasuh

Kedatangan Yahya Zainul Maarif (yang lebih akrab disapa Buya Yahya) ke Cirebon pada akhir tahun 2005 awal 2006 dalam rangka mejalankan tugas dari gurunya Rektor Universitas Al-Ahgaff Almurobbi Profesor Doktor Al Habib Abdullah bin Muhammad Baharun untuk memimpin Pesantren Persiapan bagi mahasiswa sebelum kuliah ke universitas Al-Ahgaff di Yaman. Untuk menjalankan aktivitasnya, Buya Yahya mengontrak tempat di Ponpes Nuurussidiq, Tuparev-Cirebon. Itu berlangsung hingga pertengahan 2006. Dan saat itu Buya Yahya belum mendapatkan izin dari gurunya untuk berdakwah ke masyarakat.

- Pada akhir 2006 Buya Yahya menghadap kepada gurunya di Yaman dan mulai saat itu ia telah diizinkan untuk berdakwah di masyarakat. Buya Yahya memulai berdakwah dari hal yang kecil, tidak memaksa dan apa adanya. Dengan penuh kesabaran Buya Yahya memasuki musholla-musholla kecil hingga akhirnya di mudahkan oleh Allah untuk membuka majlis- majlis taklim di Masjid terbesar di Cirebon Masjid At-Taqwa alun-alun setiap senin malam selasa yang semula hanya dihadiri 20 orang hingga saat ini jamaah memenuhi ruangan dan halaman masjid. Buya Yahya meyakini kemudahan ini diberikan oleh Allah karena berkat ridho dan restu para guru. Bersamaan itu juga Buya Yahya membuka puluhan majlis taklim bulanan di berbagai tempat di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Kabupaten Indramayu dan JABODETABEK.dan sekarang sudah lebih luasa tidak hanya di jawa akan tetapi juga di luar jawa.
Majelis yang Buya Yahya asuh diberi nama Majelis Al-Bahjah sekaligus nama pesantren yang saat ini dirintisnya.

- Tahap perkenalan Buya Yahya dengan masyarakat disamping kesabaranya untuk bersilaturrahmi ke musholla-musholla dan masjid-masjid. Kebetulan Buya Yahya pada pertengahan 2006 selama satu tahun sempat berjuang di stasiun radio Islami Salma 101 FM yang saat itu Buya Yahya mendapatkan kepercayaan sebagai direktur operasional radio tersebut. Dan selama itu pula Buya Yahya mencoba menghadirkan dakwah lewat radio dengan membuat program pesantren udara dengan memadatkan acara radio dengan pengajian-pengajian.

- Di media cetak Buya Yahya juga ikut berdakwah. Buya Yahya mengasuh rubrik tanya jawab di koran harian umum di Cirebon.

- Di media Televisi Buya Yahya juga pernah aktif di beberapa acara tv nasional Titian sepert TV One, MNCTV, TVRI dan sampai saat ini Buya Yahya aktif di Cirebon TV dalam acara dialog interaktif setiap malam Jumat dalam acara Hidup Indah Bersama Buya Yahya.

- Dan alhamdulillah saat inipun Buya Yahya dan tim dakwahnya (atas pertolongan Allah ) telah bisa menghadirkan Website media dakwah online di www.buyayahya.org dan radio Islami Resmi milik pesantren yaitu RADIOQU 98.5 FM . Ini semua dilakukan dalam upaya membidik semua celah kehidupan manusia untuk bisa diisi dengan dakwah.Pembuatan stasiun TV masih dalam proses.

Perjalanan Ilmiah Buya Yahya

- Sebelum ke Yaman Pendidikan dasar hingga SMP diselesaikan dikota kelahirannya. Disamping itu juga mengambil pendidikan agama di Madrasah Diniyah yang dipimpin oleh seorang guru yang soleh KH. Imron Mahbub di Blitar. Setelah itu melanjutkan pendidikannya di pesantren Darullughah Wadda’wah di Bangil Pasuruan Jatim dibawah asuhan Al Murobbi Al Habib Hasan Bin Ahmad Baharun, yaitu pada tahun 1988 hingga 1993. Pada tahun 1993 hingga 1996 mengajar dipesantren Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan sebagai masa khidmah Buya Yahya ke pesantren tempat Buya Yahya pernah menimba ilmu.. Pada tahun 1996 berangkat ke Univ. Al-Ahgaff atas perintah sang guru Al-Murobbi Al-Habib Hasan Baharun hingga akhir 2005.

- Buya Yahya selama hampir 10 tahun di Yaman belajar fiqih diantaranya kepada para Mufti Hadramaut Syekh Fadhol Bafadhol, Syekh Muhammad Al Khotib, Syekh Muhammad Baudhon, dan Habib Ali Masyur Bin Hafidz.

- Dari Habib Salim Asysyatiri Buya Yahya sempat mengambil beberapa disiplin ilmu diantaranya fiqih, aqidah, ulummul quran dan mustholah alhadits. Biarpun Buya Yahya tidak tinggal dipesantren (Rubath) Habib Salim Asysyathri Buya Yahya mendapatkan kesempatan yang sangat banyak untuk belajar dari beliau. Sebab dipagi hari Habib Salim mengajar di kampus dan sore hari hingga malam Buya Yahya mendapatkan waktu khusus selama hampir 2 tahun untuk belajar dari beliau 4 kali dalam seminggu mulai ashar hingga isya di Rubath Tarim.

- Dr Ismail Kadhim Al Aisawi dan Secara khusus Ilmu ushul fiqihnya diambil dari beberapa pakarnya diantaranya; Syekh Muhammad Al-Hafid Assyingqithi, Syekh Muhammad Amin Assyingqiti dan Syekh Abdullah Walad Aslam Assyingqiti (semuanya adalah dari Syingqiti–Mortania yang mereka adalah para ulama dalam Madhab Maliki) dan DR Mahmud Assulaimani dari Mesir.

- Ilmu bahasa Arabnya di ambil dari Syekh Muhammad Alhafid Assyingqiti, dengan kitab terakhir yang di kaji adalah Thurah Uquduljuman dalam ilmu balaghoh, thurroh lamiyatul afal dalam ilmu shorof dan thurroh Alfiyah Ibnu Malik dalam ilmu nahwu yaitu Alfiyah Ibnu Malik dengan tambahannya menjadi 2800 nadhom. Ilmu fiqih perbandinganya diambil diantaranya dari Prof DR. Ahmad Ali Toha Arroyyan dari Mesir seorang Alim dari madhab maliki.

- Buya Yahya sempat mengajar di Yaman selama 3 tahun di Fakultas Tarbiyah dan Dirosah Islamiah (khusus putri) Universitas Al-Ahgaff. Sekarang Buya Yahya aktif berdakwah di masyarakat dan mengasuh majelis Al-Bahjah dan pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Guru-guru Buya Yahya.

- Ada dua guru murobbi Buya Yahya yang sangat mempengaruhi didalam perjalanan ilmiyah Buya Yahya. Yang pertama adalah Almurobbi Almursyid Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun pengasuh dan pendiri Pon-pes Darullughoh Waddakwah Bangil-Pasuruan-Jawa Timur. Yang kedua adalah Almurobbi Almursyid Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun rektor universitas Al Ahgaff Republik Yaman. Buya Yahya mempunyai sanad ilmu dari guru-guru yang sangat jelas. Selain dari murobbi dan mursidnya tersebut guru Buya Yahya amat banyak , diantaranya adalah :

A- Dari Indonesia

- 1-Habib Husin bin Soleh Almuhdhor, Bondowoso
- 2-Habib Qosim Bin Ahmad Baharun, Bangil
- 3-Habib Ahmad bin Husin Assegaf, Bangil.
- 4-Ust Qoimuddin Abdullah, Bangil
- 5-Habib Soleh bin ahmad Alidrus, Malang
- 6-Habib Abdullah Maulahailah, Malang.
- 7-Habib Muhammad Alhaddad, Malang
- 8-Ust Nasihin, Bangil.
- 9- KH Imron Mahbub, Blitar.dll

B- Dari Luar Negri.

- 1- Habib Idrus bin Umar Alkaf, Tarim,Yaman
- 2- Syekh Fadhol Bafadhol, Tarim,Yaman
- 3- Syekh Muhammad Al Khotib, Tarim,Yaman
- 4- Syekh Muhammad Baudhon, Tarim, Yaman
- 5- Habib Ali Masyur bin Hafidz, Tarim,Yaman
- 6- DR. Ismail Kadhim Al-Aisawi, Iraq.
- 7- Habib Salim Asysyathri Tarim,Yaman
- 8- Syeh Muhammad Al-Hafid Assyingqithi, Mortania.
- 9- Syeh Muhammad Amin Assyingqiti, Mortania.
- 10-Syeh Abdullah Walad Aslam Assyingqiti, Mortania .
- 11-DR Mahmud Assulaimani, Mesir.
- 12-Prof DR. Ahmad Ali Toha Arroyyan Mesir.
- 13-Dll.

E.  Dasar Pendirian Pondok Pesantren

Adalah untuk bisa andil dalam menciptakan wadah pengkaderan penerus dakwah Rasul SAW. Yang berasaskan aqidah ahlus sunnah wal jama’ah as’ariyah sufiyah.

F. Peresmian Pondok Pesantren

Adapun acara peresmian Ponpes Al-Bahjah di adakan pada tanggal 10 Januari 2010 yang diresmikan oleh Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun yang sekaligus dibarengi dengan peresmian Masjid Pesantren Al-Bahjah dan Radio Dakwah Radio-Qu 98,5 Fm yang di pancarkan dari lokasi pesantren.

G. Awal Pembangunan Pondok Pesantren

Bangunan pertama adalah sebuah gubuk kecil dan aula besar dengan ukuran 15 x 25 M yang dijadikan ruang serba guna mulai dari majelis ta’lim mingguan dan tempat belajar anak-anak santri. Kemudian disusul bangunan masjid dengan ukuran 15 x 15 M dan 8 kamar asrama santri, rumah pengasuh dan 20 kamar mandi berikut studio Radio-Qu Fm.
Sekarang tahun 1432 h bangunan sudah memenuhi separoh lokasi pesantren yang luasnya 2,5 hektar terdiri dari asrama putra,asrama putri dan asrama tahfid untuk anak-anak,masjid dan aula besar pesantren.

Setelah Buya Yahya mendapat izin dari Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun untuk membangun pesantren ada pesan istimewa agar mudah dalam mendirikan pesantren yaitu “ Agar tidak usah repot meminta-minta dana dari siapa pun, akan tetapi berangkat dari kesederhanaan dan seadanya”.
Dan atas petunjuk Al-Habib Abdullah Bin Muhammad Baharun tersebut pembangunan pesantren sungguh sangat mudah tanpa ada kesusahan apapun. Berkat restu dan doa para guru Buya Yahya Allah telah mengirim orang-orang yang membangun tersebut hingga pesantren bisa di tempati Buya Yahya pun tidak pernah merasakan susahnya mengurus tukang dan bangunan.

Dan para santri juga tidak dipungut biaya sama sekali dengan pelayanan pendidikan, tempat tinggal dan makan 3 kali. Dana oprasional dan pembangunan murni dari para sukarelawan tanpa dana bantuan dari pemerintah sepeserpun.

H. Perkembangan dari tahun ke tahun

Pesantren baru diresmikan pada 10 Januari 2010 . Evaluasi sementara menunjukan bahwa majelis ta’lim semakin besar, khusunya majlis ahad pagi dihadiri oleh ribuan jamah dari berbagai kota.
Santrinya pun semakin banyak dan lokasipun bertambah.
Lahan yang tersedia.

- Lokasi 1 tempat pesantren sudah ada bangunan di Cirebon ada tanah 2,5 hektar
- Lokasi 2 sudah ada bangunan di daerah daerah Cirebon dekat indramayu sekitar 8000 meter.
- Lokasi 3 di wilayah Kuningan 9 hektar belum ada bangunan.
- Lokasi 4 di wilayah kuningan sudah ada bangunan ada tanah 6000 meter.
- Lokasi 5 belum ada bangunan di pusat kota Cirebon 4000 meter.

I. Staf Pengajar

Adapun untuk Staf pengajar adalah para alumni dari lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri seperti Pondok Pesantren Darullughoh Wa Dakwah Bangil, Alumni Syekh Ismail Makkah dan Univ. Al-Ahgaff Yaman, Langitan, Purworejo, Demak Dll.

J. Asal Usul Santri

Santri yang berada di pondok pesantren Al-Bahjah datang dari berbagia daerah yaitu dari Kota Cirebon, Kuningan, Indramayu, Pontianak, Bangka Belitung, Tegal, Madura, Pasuruan, Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Sukabumi, Bekasi, Malaysia dll.

K. Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan yang diterapkan adalah sistem pendidikan salaf. Artinya para santri lebih banyak di kenalkan pada ilmu-ilmu agama.

Ada beberapa program didalam pesantren albahjah :

1- Program tahfidul quran untuk anak usia SD yang sudah berjalan satu tahun dengn siwa sebanyak 60. Program ini termasuk program unggulan pencetakan kader-kader di masa mendatang.mereka diberi kesempatan menghafal alquran di usia SD . Setelah itu akan dilanjutkan ke program lanjutan yaitu program pondok kelas dewasa.

2- Program kelas dewasa yaitu program pondok pesantren dengan pendalaman ilmu agama seperti umumnya pondok pesantren.Saat ini jumlah santri usia dewasa sekitar 120 satri putra dan putri.Semua santri yang sudah terlihat mampu sambil belajar akan di arahkan keprogram dakwah dengan memasukkan mereka ke tim dakwah al-bahjah.

3- Program dakwah dengan memberdayakan santri dari Albahjah atau yang lainya yang sudah mampu dengan membuatkan wadah bagi mereka untuk berdakwah. Diupayakan semua santri harus punya kegiatan dakwah hingga tidak boleh ada yang tertinggal di dalam media dakwah yang di kelola oleh pesantren al bahjah.

L. Visi Dan Misi

Mendahulukan ahklak dan mengembangkan dakwah Rasul SAW yang ini semua adalah sekaligus pesan Al-Habib Hasan Bin Ahmad Baharun semasa beliau hidup.

M. Ekstrakulikuler

Ekstrakulikuler lebih diarahkan kepada praktek berdakwah baik di Radio, Televisi, Sekolah-sekolah, kantor-kantor dan majelis ta’lim.

N. Biaya pesantren

Semua biaya santri ditanggung pesantren.

O. Fasilitas pesantren

- Asrama dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet yang mencukupi dan sesuai dengan jumlah santri.
- Makan 3 kali sehari
- Tenaga pengajar dengan jumlah yang memadai jumlah santri .Khusus santri tahfid diupayakan setiap 5 santri di pegang oleh 1 guru tahfidz khusus.

Sumber : www.buyayahya.org

0 komentar:

Posting Komentar

Pemuda Tepus Kulon

Foto Saya
Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia
blog yang berisi semua yang bermanfaat dan update kegiatan pemuda dan pemudi tepus kulon