.thumb img { float: left; margin: 0 10px 10px 0; }

Pages

Subscribe:

Blogroll

Blogger templates

Minggu, 20 Juli 2014

Perbedaan zakat, infaq dan shodaqoh

Didalam agama ISLAM ada istilah ZAKAT, INFAQ, dan SHODAQOH, masing masing istilah itu mempunyai hukum dan ketentuan berbeda,pembahasan masalah ini sebenarnya sangat panjang, tapi kami coba menjelaskan secara ringkas
1. ZAKAT
zakat secara bahasa ( lughot): berkembang, kesuburan , bertambah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti mensucikan atau membersihkan ( attaubah:10 )
menurut hukum islam: mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu dengan sifat tertentu dan untuk diberikan kepada kelompok tertentu.
Hukum zakat adalah wajib, dalam rukun islam menempati posisi ke 3 setelah Sholat
Macam zakat: zakat nafs (jiwa) atau yang disebut zakat fitrah, dan zakat maal (harta) kalau yang pertama mungkin kita setiap tahun mengeluarkannya, karena selain kewajiban, itu juga sudah seperti tradisi, tapi yang kedua, sebagian besar orang melupakannya, entah itu karena tidak tau atau mungkin karena lupa
Syarat wajib zakat
-Muslim
-Aqil
-Baligh
-Memiliki harta yang mencapai nishab
Syarat sah zakat
-niat
-memberikan hak ke pemilik, baik itu diberikan sendiri, lewat perantara atau diberikan ke amil
2.Menurut ahli fiqih, pengertian infak adalah semua jenis pembelanjaan seorang muslim untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat.
3.Sedangkan sedekah adalah bentuk infak yang lebih khusus lagi, yaitu pembelanjaan yang dilakukan di jalan Allah. Bersedekah tidak harus berupa uang. Kita juga dapat melakukannya dengan cara berbagi pikiran yang berguna dan membantu dengan tenaga.

2 komentar:

yardleyullrich mengatakan...

Stainless Steel Bar for Home Furnishings - Titanium Bars
› › Stainless titanium flask Steel sunscreen with titanium dioxide Bar-For titanium white octane Home Furnishings › › Stainless Steel Bar-For Home benjamin moore titanium Furnishings Titanium Bars & Stainless Steel Bars: The Stainless Steel Bar allows you to use it to build home decor, furniture citizen titanium watch or decorative tools.

Unknown mengatakan...

c657m9knmkv519 wholesale sex toys,penis sleeves,dog dildo,realistic dildo,dog dildo,dildos,glass dildos,silicone sex doll,love dolls o816i9slock555

Posting Komentar

Pemuda Tepus Kulon

Foto Saya
Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia
blog yang berisi semua yang bermanfaat dan update kegiatan pemuda dan pemudi tepus kulon